22 Juni 2008

Semua pekerja mengidamkan lingkungan kerja yang nyaman, tenang, selaras, dan seimbang antara pengusaha dan pekerja dalam pencapaian kemakmuran bersama.

Apa yang diidamkan oleh semua pekerja itu juga menjadi cita cita bagi segenap pengurus Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Unit Kerja Rokok Tembakau Makanan & Minuman (SPSI PUK RTMM) PT. Santos Jaya Abadi. Saat ditemui wartawan tabloid Kerja, salah seorang pengurus yang juga menjabat sebagai ketua Serikat, Mustofa, mengungkapkan apa yang dilakukannya bersama 27 pengurus ssrikat lainnya adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap nasib seluruh rekan-rekan pekerja lainnya. Mengingat serikat pekerja sebagai organisasi demokratis yang permanen dan berkesinambungan, didirikan secara sukarela oleh para pekerja untuk kepentingan para pekerja dalam upaya melindungi setiap pekerja dalam perusahaan. “Kita susah ketika melihat orang susah. Kita bangga, senang, dan puas saat melihat orang senang,” kata Mustofa.

Disinilah fungsi serikat pekerja, yaitu sebagai mediator bagi buruh dan pengusaha dalam upaya pemenuhan sebuah keseimbangan bekerja, kenyamanan, kesejahteraan, dan kemakmuran. Upaya pemenuhan keseimbangan itu diimplementasikan dalam berbagai bentuk dan usaha. Seperti halnya yang umum terjadi pada perusahaan adalah Pemutusan Kerja Sepihak (PHK). “Kami akan mengupayakan semua pekerja untuk membantu dalam setiap permasalahan yang mereka hadapi, tidak hanya karyawan tetap, akan tetapi karyawan kontrakpun akan kita bantu dan dampingi sampai permasalahannya selesai,” ungkap Hendro Rudianto, Wakil Ketua I serikat di kantor SPSI.

Banyak hal yang telah dilakukan oleh Serikat Pekerja perusahaan yang terkenal dengan produk Kapal Api ini. Salah satu bentuk konkret itu bisa dilihat dari pemberian THR, yang biasanya menurut UU Ketenagakerjaan, THR hanya diberikan sekali gaji, namun di perusahaan ini, tunjangan tahunan itu bisa diberikan lebih. Untuk karyawan yang telah mengabdi selama 10 tahun lebih, maka mereka bisa mendapatkan sebuah penghargaan prestasi. Bagi kaum wanita, biasanya cuti haid diberikan hanya pada saat merasakan sakit, namun karena perjuangan Serikat Pekerja, cuti bisa diambil 2 hari tiap bulannya.

Kalau dihitung, teramat besar jasa yang telah diberikan oleh para rekan Serikat Pekerja, seluruh tuntutan yang diajukan rata-rata bisa dikabulkan oleh pihak pengusaha, selagi konkret dan tidak merugikan kedua belah pihak. Namun bukan berarti jalan mereka selalu mulus, semuanya butuh perjuangan dan usaha keras. Kendati demikian, masih ada orang yang tidak menyadari akan pentingnya peran Serikat pekerja, bahkan tak jarang ada yang mencibir bahwa perkumpulan Serikat Pekerja dianggap tak lebih hanyalah sebuah ajang provokasi. Disitulah, butuh sebuah kerjasama yang baik antara Serikat Pekerja dan Pengusaha untuk selalu berjalan seimbang dalam pencapaian komunikasi yang efektif.
Ibarat Semut

Selain aktif dalam memperjuangkan hak pekerja, menurut Mustofa, Serikat yang dipimpinnya juga aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial seperti donor darah, bakti sosial, olah raga, entertainment seperti pembentukan grup band, dan lain-lain. Beruntung, dalam lingkungan kerja PT. Santos Jaya Abadi, para pimpinan pengusaha selalu support untuk setiap acara yang diadakan Serikat Pekerja, tentu saja selagi acara itu bersifat positif.

Menyikapi keputusan pemerintah dengan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), maka Serikat Pekerja ini juga tak mau tinggal diam membela kesejahteraan dari 2.500 pekerja baik tetap maupun kontrak. Hati mereka terpanggil untuk ikut memperjuangkan hak pekerja dengan pengajuan kenaikan uang makan dan transport. Ini adalah gawean baru buat para pengurus Serikat Pekerja, tentunya akan butuh sebuah proses panjang dan perjuangan ekstra keras agar tuntutan mereka bisa terpenuhi.

Serikat Pekerja yang ia pimpin harus bisa selaras dengan pengusaha. “Kita ibarat semut, jika semut tidak terinjak maka tidak akan menggigit. Pengusaha adalah sebuah gerbong rel yang tidak bisa disatukan, kita punya sebuah idealisme kerja dan pengusaha juga punya idealisme manajerial, kita tetap berjalan sejajar meskipun kita tidak bisa bertemu, kita juga tidak semua menjauh karena gerbong itu akan hancur, karyawan dari segenap elemen adalah penumpang gerbong yang harus selamat sampai tujuan,” pungkasnya. Ulfie Fachrurrazy

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online