20 Juni 2008



Wanita muda ini sejak kecil suka sekali bermimpi, itung-itung mimpi nggak bayar dan pekerjaan yang paling mengasyikan. Namun hobi bermimpinya itu tak lantas membuatnya terlelap, justru karena hobi tersebut ia semakin terpacu untuk belajar.
Kemauannya sangat kuat untuk menggapai apa yang diinginkan. Acapkali ia menargetkan dirinya untuk mendapatkan impian itu, hingga pernah saat SMP dulu, ia mendapatkan ranking kedua, sesuatu yang sangat menyebalkan bagi dirinya dan itu akan membuatnya menangis seharian. Itulah sosok Fosca Honggowijjoyo, gadis muda yang kini menjelma sebagai pengusaha sukses.

Usianya baru 22 tahun, tepatnya 27 November 2008 nanti. Pasangan dari Gunawan dan Merry ini mempunyai semangat yang kuat untuk menggapai impiannya menjadi pengusaha sukses. Kendati dari keluarga pas - pasan, waktu itu orang tuanya setelah menikah hanya mempunyai sebuah motor butut dan tinggal di sebuah rumah kontrakan. Namun dengan semangat kerja tinggi untuk merubah nasib, melalui usaha membuka toko perlengkapan listrik, keluarga itupun menuai sukses. Semangat kerja dari kedua orang tuanya itu yang menurun pada Fosca. Apalagi orang tuanya sejak kecil sudah menerapkan ia untuk bekerja keras walaupun tanpa didukung modal. Modal terpentingnya saat itu hanyalah kemauan dan tekad.

Keluarganya sangat keras dalam mendidik anak, namun ia beruntung ada sisi demokratis pada diri sang ayah dan ibu yang membiarkan ia tumbuh menjadi gadis pemimpi penyuka dunia kecantikan. “Orang tua saya tidak lantas memaksakan saya harus terjun di suatu bidang tertentu, saya menyukai dunia kecantikan dan mereka memberikan saya kesempatan untuk membuka salon,” terang wanita yang mengaku masih jomblo ini.

Mengejar Impian

Selama ini anak muda identik untuk selalu bersenang-senang karena mereka menganggap masa untuk serius bekerja belum saatnya. Apalagi masa seperti itu masih menjadi tanggungan orang tua. Pemikiran itu tidak berlaku bagi Fosca, wanita ini menganggap justru masa muda adalah masa yang tepat untuk berkreasi dan berprestasi.
Setelah lulus sekolah, Fosca melanjutkan study-nya di Australia. Kebetulan saat itu ia mengambil jurusan Komunikasi dan hanya ditempuh selama 2 tahun di RMIT University. Belum puas dengan itu, iapun mengasah hobinya lagi dengan kuliah malam mengambil jurusan kecantikan di Victoria University dan Elly Lucas Academy. Setelah 7 tahun di negeri Kanguru, iapun pulang dengan semangat berapi-api untuk segera menerapkan ilmu yang ia dapatkan pada masyarakat. Bukan sebagai seorang ahli komunikasi, akan tetapi tekadnya adalah untuk menjadi seorang pengusaha.

Tidak mudah mendapatkan sebuah kepercayaan, apalagi Fosca saat itu masih berumur 17 tahun, usia yang masih sangat muda untuk diberikan kepercayaan dalam mengelola perusahaan. Namun karena kasih sayang orangtuanya, Fosca pun mendapatkan kepercayaan itu, dan otomatis ia harus menjaga sekaligus membuktikannya. Modal yang didapat dari orang tuanya pun ia buat untuk membuka usaha salon. Nama Fosca salon pun ia pilih dengan menyewa sebuah tempat di kawasan Surabaya barat yaitu PTC. Sebuah tempat yang dinilainya sangat cocok untuk usaha salon kecantikan karena wilayah tersebut adalah wilayah kalangan elite.


Modern Spa

Fosca salon mengusung konsep spa ala modern, sebuah konsep yang menjawab kebutuhan masyarakat Surabaya akan penampilan sempurna, terutama wanita. Wanita menjadi pasar yang sangat ideal untuk meraup keuntungan dalam bisnis kecantikan. Bayangkan, setiap bulan ada budget khusus ratusan bahkan mencapai jutaan untuk mempercatik diri. Fosca menangkap peluang bisnis itu, tentunya dengan konsep yang berbeda dengan salon kecantikan kebanyakan.

Spa mungkin selama ini identik dengan perawatan lulur dan segala sesuatu yang berbau tradisional. Namun di Fosca Salon ini, akan ada inovasi-inovasi baru dalam dunia kecantikan, Anda akan menjumpai hal hal unik seperti chocholate spa – spa dengan menggunakan coklat yang gunanya untuk menghaluskan dan memutihkan kulit. Yogurt Massage – spa dengan memanfaatkan susu sapi yang sudah difermentasi, gunanya untuk melangsingkan tubuh.

Emas 24 karat biasanya digunakan untuk perhiasan wanita, rata-rata mereka akan bangga karena mengenakan perhiasan yang mahal dan dengan kadar 24 karat. Namun di Fosca, emas ini bisa digunakan untuk mempercantik diri, tidak hanya masker, namun butiran emas 24 karat inipun juga digunakan untuk semua perawatan seluruh tubuh. Emas sebagai logam mulia, konon manfaatnya bisa menjaga kelembaban tubuh dan kulit lebih kencang. Tentu saja perawatan ini nilainya jutaan rupiah, namun dengan hasil kulit sebening salju tentu saja wanita yang berduit tidak akan segan mengeluarkannya.

Pelanggan Ekspatriat
Menurut Fosca, rata-rata customernya yang datang adalah kalangan ekspatriat, apalagi lokasi yang dipilihnya di kawasan ekspatriat juga, maka Fosca-pun tak punya kendala dalam mendapatkan pelanggan. Animo masyarakat sangat bagus, didukung perawatan spa modern masih belum banyak dijumpai di Surabaya hingga wanita yang kini bekerja sebagai Manager Area Jatim di bank asing ini pun melebarkan sayap membuka cabang baru lagi di Graha Family. Kawasan yang dinilainya produktif untuk menjaring pelanggan baru.

Ya, kendati ia telah memiliki perusahaan sendiri, akan tetapi ia masih ingin tetap belajar. Fosca-pun merambah dunia perbankan, dunia yang selama ini asing bagi dirinya. “Saya masih ingin tetap belajar, apa yang tidak saya dapatkan dari perusahaan sendiri bisa saya dapatkan dari perusahaan orang lain,” tuturnya ramah. Ulfie F

Kiat Sukses Fosca
- Masa muda gunakanlah dengan hal-hal yang bermanfaat.
- Saya selalu menerapkan kepada setiap karyawan untuk merasa memiliki perusahaan
bersama supaya ada tanggungjawab masing- masing.
- Belajar dan tak pantang menyerah dalam menggapai cita-cita.
- Awalilah hidup Anda dengan sebuah impian, karena dengan impian itu Anda akan
memulai untuk mewujudkannya.
- Semua orang diberikan Tuhan waktu yang sama yaitu 24 jam, kenapa ada yang sukses
dan tidak, semuanya tergantung oleh kerja keras yang kita lakukan.
- Jangan pernah sungkan untuk belajar pada orang yang lebih tua dan berpengalaman.

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online