08 Juli 2008

H. Zainal Abidin SE, direktur PT. Sinar Harapan Anda

Sejarah profesinya cukup panjang, awalnya hanya membantu seorang teman, saking enjoy-nya, iapun kepincut turut bergabung bersama rekannya di sektor ketenagakerjaan. Kini ia mendulang sukses berbisnis dengan menerapkan sistem syari’ah pada perusahaanya.

Kendati tidak mempunyai pendidikan khusus tentang dunia ketenagakerjaan, namun lelaki 53 tahun ini sukses berkarir di dunia ketengakerjaan. Ia resmi bergabung dalam Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI) pada tahun 1989.
Saat di temui oleh wartawan Taloid Kerja di Bandara Juanda, Zainal Abidin menganggap bahwa hidup harus memilih. Awal mula profesinya adalah sebagai petugas lapangan, perwakilan perusahaan Jakarta. Lalu ia bergabung di perusahaan serupa, Afida Afia Duta selama 6 bulan. Karir di dunia ketenagakerjaan itu dilanjutkan di Gelinjau Corporation, sebagai kepala bagian rekrut dan Andromeda Graha sebagai direktur devisi Asia Tenggara.

Bisnis Syariah
Kesuksesanya dibidang ketenagakerjaan tersebut, mengantarkannya untuk mendirikan sebuah perusahaan dibidang biro perjalanan wisata pada tahun 1997. Andromeda Atria Wisata, alasannya sederhana, karena bisnis yang ia geluti selalu berhubungan dengan masyarakat yang hilir mudik naik pesawat, maka Zainal pun menjadikan itu sebagai peluang bisnis. Tak ayal, semua hal ticketing ia backup, bukan hanya untuk para TKI saja, belakangan Zainal pun mulai merambah ke para peserta jemaah haji & umrah.
Kalau Andromeda Atria Wisata bergerak dalam bidang perjalanan wisata, lain halnya dengan PT. Sinar Harapan Anda, lelaki hobi membaca inipun mendirikan perusahaan dibidang ketenagakerjaan, pada 2004 lalu. Sebuah ide yang cukup cerdas dalam menangkap peluang bisnis, lantaran kedua perusahaan yang dipimpinnya bisa saling berkesinambungan satu sama lain. Apalagi, ia menerapkan bisnis syari’ah, sebuah konsep bisnis yang mulai dilirik oleh banyak kalangan masyarakat. Yaitu berlandaskan siddiq (jujur), amanah (tanggung jawab), tabligh (transparan), dan fathonah (cerdas).

PT. Sinar Harapan Anda (SHA), mengusung visi untuk merekonstruksi sebuah reformasi ketenagakerjaan dengan landasan UUD 1945 yang berintegrasi dengan nilai-nilai syariah. Sedangkan misi SHA sendiri adalah mendorong peran aktif TKI sebagai sumber daya yang berkeadilan sosial secara profesional dengan prinsip khairun nas anfauhum linnas.

Semua pekerjaan yang ia geluti disektor jasa, tuntutannya adalah memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan sesuai dengan syariah. Lelaki 6 anak ini sangat mencintai pekerjaannya, kesulitan ia anggap sebagai solusi, kompetisi adalah peluang. Hidupnya ia gunakan untuk berbuat baik dan memberikan manfaat kepada orang lain, ia pun menyadari bahwa kesuksesan yang diraihnya adalah buah dari orang yang ia layani (customer, red).


Obsesi
Sukses dalam berbisnis, suami dari Sulastri ini masih mempunyai obsesi untuk mendirikan sebuah perusahaan lagi, dimana perusahaan yang akan didirikannya nanti bisa menyerap banyak tenaga kerja. Tentu saja ini merupakan sebuah obsesi bagus, lantaran bisa membantu pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran yang kian bertambah. Lalu sektor apakah yang akan ia garap? Ternyata Zainal melirik bisnis garmen. Ia merasa prihatin akan sulitnya mencari fashion yang bagus di Indonesia, alasannya karena mereka tidak konsisten dalam mempertahankan brand. “Saya mencari ukuran baju L, pasti selalu berbeda dengan ukuran produk lain. Bahkan saya mencari kancing baju yang bener aja susah,” paparnya. Kendati bisnis garmen miliknya bagus, akan tetapi bisnis ini agak melenceng dari sektor yang ia geluti selama ini. Akan tetapi Zainal bisa memadukannya menjadi bisnis yang mempunyai prospek cerah karena ia menggarap fashion busana muslim, segmen para peserta haji & umrah. Alhasil, semua bisnisnya menjadi lengkap satu sama lain.
Namun apakah obsesi itu tinggal obsesi? Saat ditanya tentang realisasi kedepan, Zainal mengungkapkan bahwa ia telah mempersiapkan bisnis garmen itu pada tahap finishing. Ia memanfaatkan ruangan kosong yang ada di kantornya untuk memulai bisnis itu dalam beberapa bulan kedepan. Ulfie fachrurrazy

Filosofi hidup
- Hidup adalah memilih, memilih adalah konsekwensi untuk mencapai tujuan.
- Hidup harus bisa berbuat baik dan memberikan manfaat pada orang lain.
- Semua pekerjaan harus dicintai, karena kerja adalah ibadah.
- Baginya kebohongan adalah kemaksiatan yang tak terampuni, kebohongan jauh dari trust, pasar, dan berkah.
- Mempercantik proses untuk merencanakan goal dalam posisi ideal, ia menganggap goal adalah akibat dari perbuatan.


Kiat sukses

- Selalu bersyukur atas anugerah yang di berikan Allah SWT.
- Memberikan kepercayaan dan memuliakan karyawan, ia menganggap karyawan bukan pekerja, akan tetapi aset.
- Ia menjual produk dengan kepastian menghindarkan kebohongan dari bentuk apapun.
- Menjalankan asas kepatuhan, kita akan mencapai tujuan jika bisa bersinergi dengan alam.
- Bermain di ceruk pasar yang orang lain tidak lakukan
- Menghindari kompetisi pada jalur yang sama dengan start yang berbeda karena pasti akan ketinggalan.
- Berusaha tampil beda dengan perbedaan yang ekstrim.
- Memperlakukan konsumen sebagai raja.

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online