25 Juli 2008


Purba, langka, dan eksotis. Tiga kelebihan inilah yang membuat Black Boy di buru oleh para hobiis dan kolektor tanaman hias. Katagori tanaman langka, tentu saja membuat harga Black Boy menembus angka puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Sayangnya, pertumbuhannya sangat lambat, butuh kesabaran sampai tahunan baru bisa menikmati eksotisnya.

Black Boy (Xanthorrhoeaceae) adalah tumbuhan keluarga dari Xanthorrhoea. Tumbuhan ini masuk dalam katagori tanaman purba, dan hanya bisa di jumpai di dataran Australia. Jenis Xanthorrhoea biasanya sering di sebut dengan pohon rumput (gress tree). Oleh para penghuni Australia pedalaman (Aborigin) dinamakan rumput Balga, dimana kata ini biasanya digunakan untuk memberi julukan pada anak berkulit hitam. Suku Aborigin memberi nama tumbuhan tersebut dengan Balga karena ketika dibakar, rumput tersebut kelihatan seperti belalai berwarna hitam dengan bulu berwarna coklat kemerahan, mirip rambut yang mekar diatas belalai. Terang saja, gambaran tersebut mirip dengan anak kecil yang berkulit hitam. Kemudian, penduduk Australia menyebut tanaman langka ini dengan nama Black Boy alias si anak hitam.
Di Indonesia, Xanthorrhoea juga beken dengan nama Black Boy. Pasalnya, tumbuhan ini jika disentuh, batangnya yang kehitaman seperti habis terbakar itu akan menyisakan kotoran hitam seperti menyentuh arang. “Itu adalah salah satu ciri khasnya, arang itu tidak akan bisa hilang atau dibersihkan,” terang Heri Gembong yang sore itu sedang bersantai bersama sang istri di kedaiamannya.

Spesies Black Boy
Setahun yang lalu, Black Boy miliknya didatangkan dari Australia. Ia termasuk hobiis yang beruntung mengoleksi tanaman langka ini. “Awalnya dulu masyarakat banyak yang nggak mau nanam Black Boy, alasannya karena takut mati, namun setelah Black Boy saya bisa bertahan sampai satu tahun, banyak yang ingin memilikinya,” imbuh bapak satu putra ini.
Tidak semua hobiis atau kolektor memiliki Black Boy, pasalnya tumbuhan ini termasuk tanaman jenis langka. Kelangkaannya membuat ia masuk dalam daftar IUCN (International Union for the Conservation of Nature) Red List of Threatened Plant atau “daftar merah” tanaman yang terancam punah. Itu berarti harus ada ijin International jika keluar dari negara asal. Tidak itu saja, menurut Heri, tidak semua Nursery memiliki Black Boy, pasalnya harus ada pemetaan wilayah dan kelayakan PH untuk tanaman, tak ayal, pemilik Black Boy di Indonesia hanya bisa dihitung dengan jari. Asal tahu saja, Xanthorrhoea memiliki sekitar 28 spesies. Namun karena hampir setiap tahun terjadi kebakaran hutan, tinggal 12 jenis saja yang masih bisa bertahan hidup. Dari 12 spesies itu, yang menjadi favorit negara kangguru Austalia adalah jenis Australis dan Quadrangulata yang bentuknya seperti pohon, sementara spesies lainnya dianggap seperti semak belukar.
Di Indonesia sendiri, hanya ada sekitar 2 spesies yang bisa hidup, seperti Black Boy Glauca dan Black Boy Preisii. Jadi tidak bisa sembarang spesies bisa di datangkan ke Indonesia untuk di tanam, karena resikonya akan mati.


Tanaman Purba
Tumbuhan ini lebih suka hidup di dataran kering, butuh banyak sinar matahari, dan tidak suka air. Kendati demikian, Black Boy juga bisa bertahan hidup pada saat musim dingin atau salju. Menariknya, tumbuhan ini juga bisa bertahan lama jika ditaruh dalam pot. Seperti halnya Black Boy Glauca milik Heri, koleksi miliknya sudah hampir setahun lebih hidup didalam pot, padahal panjang ukurannya sudah mencapai 1, 2 M dengan diameter batang sekitar 25 cm. Untuk tumbuhan lain mungkin tidak akan bisa bertahan lama dengan pot yang jauh lebih kecil dibanding batang tubuhnya. Namun jika menelisik kembali sejarah Black Boy, tumbuhan ini bisa bertahan hidup sampai 600 tahun lamanya. Pertumbuhannya sangat lambat, 1 cm pertahun ia baru bisa tumbuh, ilustrasinya berarti 100 tahun hanya memiliki panjang 1 meter. Jika bisa hidup sampai 600 tahun, maka ia akan memiliki panjang sekitar 6 meter. Menurut situs desert-tropical.com, jika ingin memperbesar batangnya, biasanya bagian bawah daun yang berwarna cokelat kemerahan karena sinar matahari, itu harus dipotong. Namun langkah itu bisa dilakukan jika Black Boy sudah agak besar dan bentuk batangnya sudah kelihatan atau yang sering disebut dengan belalai.

Perkembangbiakan
Butuh waktu tujuh tahun agar Black Boy tumbuh menjadi dewasa. Setelah dewasa, Black Boy bisa berbunga dan berkembang biak setiap saat. Yang unik, tumbuhan ini akan kelihatan lebih subur setelah mengalami proses dibakar atau diasapi. Benih-benih Black Boy terdapat dalam sebuah tempat mirip kapsul yang otomatis terbelah untuk menyebarkan benih. Benih tersebut akan menjadi seperti kecambah ketika terkena air.
Menurut Heri, perkembangbiakan Black Boy hampir sama dengan tumbuhan kebanyakan yaitu dengan cara vegetatif maupun generatif. Sementara menuut Para ahli botani Arboretum dari Amerika menjelaskan, tentang cara perkembangbiakan benih Black Boy bisa ditandai ketika burung-burung sudah mulai kelihatan tertarik dengan tangkai Black Boy (ini menandakan bahwa tangkai tersebut sudah berisi benih). Kumpulkan benih tersebut dengan perlahan, potong tangkainya dan kemudian simpanlah dalam tas karton (seperti tas belanja di supermarket). Jangan meletakkan benih dalam tas plastik, karena akan membuatnya berlumut. Biarkan ia mengering, setelah itu pukullah pelan-pelan dengan gagang sapu agar benih-benih tersebut rontok/lepas dari tangkainya. Jika tidak ingin mengambil benih dengan cara dipukul, setelah dipotong dari pohon biarkan tangkai tersebut dalam kondisi kering. Benih-benih tersebut akan rontok dengan sendirinya dalam beberapa minggu.
Setelah proses itu, kemudian letakkan benih tersebut dalam pot yang sudah dilapisi pasir (tidak perlu pupuk khusus) kira-kira 1/8 atau ¼ inchi dari dasar pot kemudian timbun. Lapisan pasir tersebut dapat menyerap air tanpa harus mengganggu benih-benih dibawahnya. Biasanya, benih tersebut akan tumbuh dalam waktu sekitar 6-7 minggu, namun dalam beberapa kasus, benih Black Boy bisa tumbuh dalam kurun waktu 2 – 2 ½ minggu. Begitu benih itu tumbuh, kondisikan tanahnya agar senantiasa lembab, tapi jangan sampai kebanyakan air. Benih tersebut tumbuh dengan sangat, sangat lamban. Begitu sudah tumbuh, mereka bisa hidup lebih dari 600 tahun. (Naskah ini di muat dalam Majalah Greenhobby Surabaya)

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online